LLDIKTI WILAYAH II
Digital Tracking Equipment System (DiTES)

Digital Tracking Equipment System (DiTES)

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam mewujudkan Pelayanan prima yang dapat dilakukan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Wilayah II dengan membuat program layanan Digital Tracking Equipment System.

Sistim kerja menggunakan Digital Tracking Equipment System dapat mendorong perguruan tinggi untuk melakukan pengawasan ekternal terhadap kinerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II sekaligus memonitor penyelesaian kebutuhan dan kepentingan perguruan tinggi dari posisi terguruan tinggi yang tidak perlu menuju ke Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II. Keberhasilan pemanfaatan alat ini sangat didukung  oleh kualitas sumber daya manusia yang ada di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II dan perguruan tinggi serta infrastruktur yang memadai.

Digital Tracking Equipment System ini dibangun  dapat  berfungsi  sebagai  pengumpul dan  penyaji  informasi mengenai  kepentingan-kepengingan perguruan tinggi sehingga dapat dijadikan data atau fakta untuk melakukan penetapan dan perubahan kebijakan internal Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II dalam melaksanakan tugas dan fungsi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II.

Mekanisme Digital Tracking Equipment System (DiTES) sebagai berikut :

 

Sistem pelayanan persuratan yang menggunakan aplikasi sederhana yang disebut Digital Tracking Equipment System atau disingkat “DiTES” adalah yang dapat memberikan informasi kepada perguruan tinggi di wilayah Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung setiap saat ketika perguruan tinggi telah mengirimkan suratnya melalui aplikasi tersebut.

Sistem ini dimulai dari perguruan tinggi mengirim dokumen, diterima oleh bagian kesekretariatan LLDikti, sampai dengan dokumen itu diselesaikan dalam bentuk soft copy maupun fisik sebagai balasan atas pengiriman dokumen perguruan tinggi. Kedepan sistim ini akan dikembangkan lebih luas pada jenis-jenis dokumen yang disampaikan oleh perguruan tinggi dimana ketika Dokumen yang dikirim secara on line oleh perguruan tinggi akan di piliah secara otomatis oleh sistim sehingga data itu dapat dimanfaatkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II untuk dapat memberikan pelayanan atau membuat kebijakan baru dalam hal peningkatan pelayanan.

Dengan sistim ini, perguruan tinggi pada saat mengirim dokumen akan diberikan kode pemantauan terhadap dokumen yang perguruan tinggi kirim ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II termasuk unsur yang menangani dokumen tersebut dan keputusan atau hasil dari Dokumen tersebut tersebut. Status Digital Tracking Equipment System (DiTES)  yang membantu perguruan tinggi dapat memperoleh informasi melalui sistem komunikasi secara real time. Dengan cara ini, sistem akan melacak posisi alur surat yang ada di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II yang dapat diketahui oleh perguruan tinggi. Dengan sistem pemantauan seperti ini perguruan tinggi merasa aman karena telah mengetahui posisi dokumen tersebut.